Fauziyyah, Iffah Wardah (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH (6- 12 TAHUN) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 NGAWI. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
Text
Iffah ARTIKEL PDF.pdf Download (450kB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai anak dalam mengikuti proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Prestasi belajar anak sekolah dapat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget pada anak dengan prestasi belajar di sekolah (6-12 tahun) selama masa pandemi covid-19 di MIN 4 Ngawi. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 158 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate random sampling dengan jumlah sampel 61 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas. Hasil penelitian ini menunjuukkan bahwa korelasi antara 2 variabel diperoleh analisa uji spearman rank dengan nilai ρ value = 0,000 < α = 0,05 bermakna ada hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget pada anak dengan prestasi belajar di sekolah (6-12 tahun) selama masa pandemi covid-19 di MIN 4 Ngawi. Dengan keeratan hubungan 0,530 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget pada anak dengan prestasi belajar di sekolah (6-12 tahun) selama masa pandemi covid-19 di MIN 4 Ngawi. Peneliti menyarankan untuk menerapkan pola asuh yang baik dalam penggunaan gadget agar anak mendapatkan prestasi belajar yang baik dan memuaskan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Gadget, Prestasi Belajar |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:11 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
View Item |