TINJAUAN PELAKSANAAN PEMBERIAN KODEFIKASI DIAGNOSIS PASIEN RAWAT INAP DI RSU DARMAYU PONOROGO

Nairoh, Alifatul (2021) TINJAUAN PELAKSANAAN PEMBERIAN KODEFIKASI DIAGNOSIS PASIEN RAWAT INAP DI RSU DARMAYU PONOROGO. Diploma thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img] Text
KTI ALIFATUL NAIROH_201807004 BOKMAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pengkodean (Coding) adalah pemberian kode dengan menggunakan huruf dan angka atau kombinasi huruf dan angka yang mewakili komponen data. Seorang petugas rekam medis ketika melakukan pengkodean harus sesuai dengan Standar Operasional prosedur (SOP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengkodingan diagnosis pasien rawat inap di RSU Darmayu Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian menggunakan observasional deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dokumen rekam medis pasien rawat inap pada tahun 2020 berjumlah 7613. Besar sampel yang digunakan sejumlah 100 dokumen rekam medis. Tehnik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara kepada keputas koding di RSU Darmayu Ponorogo. Hasil wawancara kepada petugas koding untuk pelaksanaan pengkodean diagnosis sudah sesuai SOP, dan hasil observasi dari 100 dokumen rekam medis terdapat 80 dokumen rekam medis yang penulisan diagnosisnya sesuai dengan yang ada pada ICD, sedangkan 20 dokumen rekam medis tidak sesuai pada ICD. Di RSU Darmayu Ponorogo terdapat 20 dokumen rekam medis yang kode diagnosisnya tidak sesuai pada ICD dikarekan kurang telitinya petugas koding dalam melihat kode karakter 3 pada ICD-10 volume 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kode diagnosis penyakit, standar operasional prosedur (SOP)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Rekam Medik
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:11
Last Modified: 06 Jun 2022 01:11
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item