TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA PAHLAWAN MADIUN

ERLAMBANG PUTRI, AYU SANDRA (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA PAHLAWAN MADIUN. Diploma thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img] Text
19032022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dalam bentuk respon emosional (perasaan senang atau puas) pada pasien karena terpenuhinya harapan atau keinginan dalam menggunakan dan menerima pelayan yang diberikan oleh farmasis. Kepuasan pasien terhadap pelayanan apotek diukur berdasarkan dimensi tangible yaitu penampilan apotek yang meliputi sarana fisik, perlengkapan apotek, penampilan petugas apotek, dimensi reliability yaitu kecepatan pelayanan apotek, dimensi responsiveness yaitu keramahan petugas apotek, dimensi assurance yaitu ketersediaan/kelengkapan obat di apotek serta dimensi empati yaitu perhatian untuk memahami kebutuhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif yang dilaksanakan pada tanggal 10-24 Februarai 2021. Kepuasan pelayanan resep diukur dengan menggunkan kuesioner. Sampel yang digunakan adalah yang 100 responden yang memenuhi kreteria inklusi. Data yang diperoleh dari kuesioner di hitung presentase rata-rata kepuasan dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasrkan dimensi reliability 79,25% dengan kategori puas. Responssiveness 78,2% dengan kategori puas. Assurance 78,7% dengan kategori puas. Empaty 79,6% dengan kategori puas dan Tangible 75,45% dengan kategori puas. Dari kelima dimensi didapatkan skor rata-rata sebesar 79,6% dengan kategori puas. Berdasarkan dari kajian data dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh Apotek Kimia Farma Pahlawan Madiun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan Pasien, Pelayanan, Resep Kepuasan pasien, Pelayanan, Resep
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Farmasi DIII S1
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:12
Last Modified: 06 Jun 2022 01:12
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item