EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS BALEREJO KABUPATEN MADIUN

SEPTI ANGGRAINI, RIANA (2021) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS BALEREJO KABUPATEN MADIUN. Diploma thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img] Text
19032022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pelayanan kefarmasian adalah untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal ini pasien adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan layanan kefarmasian. Pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak kefarmasian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan tersebut sesuai dengan yang diharapkan pasien atau bahkan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pasien rawat jalan terhadap dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangibel) dari pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Balerejo Kabupaten Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang evaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Balerejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner dan lembar pengumpul data sebagai instrument penelitian kemudian dihitung persentase rata-rata kepuasan pasien dan dikategorikan dalam range skala kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada 94 pasien diketahui pada dimensi ketanggapan pasien merasa sangat puas (82,87%), dimensi empati pasien merasa sangat puas (85,10%), dimensi bukti langsung pasien merasa puas (78,51%), dimensi ketanggapan pasien merasa sangat puas (82,87%) dan dimensi jaminan pasien merasa sangat puas (79,15%). Rata-rata hasil kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Balerejo Kabupaten Madiun 2021 pasien merasa sangat puas (81,08%). Saran dari penelitian ini yaitu memperhatikan kualitas yang sudah baik tetap akan dipertahankan dan yang masih kurang diperbaiki serta tetap mempertahankan sikap keramahan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Instalasi Farmasi Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Farmasi DIII S1
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:13
Last Modified: 06 Jun 2022 01:13
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item