HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RS TINGKAT IV MADIUN

ANANG, PRASETYA JAYA (2017) HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RS TINGKAT IV MADIUN. Other thesis, STIKES Bhakti Husada Mulia.

[img]
Preview
Text
3.pdf - Other

Download (725kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RS TINGKAT IV MADIUN Rumah sakit khususnya Instalasi gawat darurat mempunyai tujuan agar tercapai pelayanan kesehatan yang optimal pada pasien secara cepat dan tepat serta terpadu dalam penanganan tingkat kegawat daruratan sehingga mampu mencegah resiko kecacatan dan kematian (to save life and limb) dengan respontime selama 5 menit. Beragamnya jenis penyakit dan kondisi pasien, serta banyaknya kunjungan yang datang bersamaan ke IGD telah mengakibatkan kepadatan di IGD. Kepadatan ini ketika permintaan untuk layanan melebihi kapasitas IGD untuk memberikan keperawatan berkualitas dalam kerangka waktu yang tepat maka pelayanan harus cepat. Tujuan dari penelititan ini untuk mengetahui hubungan response time perawat dengan kepuasan keluarga pasien di IGD Rumah Sakit Tingkat IV Madiun. Metode pada penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel pada penelititan ini adalah 63 responden, dengan menggunkan tekhnik accidental sampling. Analisa statistik menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan uji statistic Chi Squaredidapatkan ρ= 0,000< α = 0,05 dengan nilai hitung pearson = 17,980 maka H 0 diolak H 1 diterima, yang berarti ada hubungan antara respon time dengan kepuasan pasien di IGD rumah sakit tingkat IV Madiun, Sedangkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,471 yang diinterpretasikan bahwa kekuatan hubungan pada tingkat rendah. Peneliti berasumsi tingkat cepat tanggap pelayanan IGD terhadap pasien yang datang akan sangat berpengaruh terhadap sebuah kepuasan pelanggan/pasien, pengetahuan dan kompeten seorang petugas IGD akan membentuk sebuah menejemen di IGD akan menjadi baik, dan seiring membaiknya sebuah menejemen IGD untuk melayani pasien yang datang ke IGD semakin baik. Kata kunci : Respon time. Kepuasan, IGD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 14 Dec 2018 04:07
Last Modified: 14 Dec 2018 04:07
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item