Rahmawati, Desi (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SDN KWANGSEN 01 KECAMATAN JIWAN KABUPATEN MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
Text
201802100.pdf Download (2MB) |
Abstract
Siswa kelas I sampai V masih banyak yang kurang konsentrasi saat belajar salah satunya anak sering melamun, tidak konsentrasi ketika ditanya guru, sering tidak memperhatikan guru selama pembelajaran, mengganggu teman lainnya saat belajar disebabkan karena anak jenuh, gelisah karena rasa lapar. Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan keluarga dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Kwangsen 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sampai V sebanyak 58 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 51 anak. Data dikumpulkan menggunakan lembar kuesioner. Analisis data hasil penelitian menunjukan 70,6% responden dengan dukungan keluarga baik, 60,8% responden tidak sarapan pagi dan 52,9% responden dengan konsentrasi belajar kurang. Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan hubungan dukungan keluarga dan sarapan pagi sama kuatnya pada konsentrasi belajar dengan hasil uji 0,000 < 0,05. Untuk itu diharapkan orang tua dapat melakukan upaya dalam membiasakan sarapan pagi bagi anak sebelum berangkat ke sekolah sehingga berkonsentrasi saat belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan keluarga, Kebiasaan sarapan pagi, dan Konsentrasi belajar |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:04 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 05:04 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |