Solekhawati, Fenna (2023) EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB AL HIDAYAH MEJAYAN KABUPATEN MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
Text
201802020.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tunagrahita ialah istilah yang digunakan untuk menyebut anak berkebutuhan khusus. Anak tunagrahita memiliki resiko lebih tinggi dalam masalah kesehatan gigi dan mulut, karena anak tunagrahita memiliki kekurangan dan keterbatasan mental untuk melakukan gosok gigi secara mandiri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi efektivitas edukasi kesehatan menggunakan media video animasi terhadap peningkatan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita di SLB AL Hidayah Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan (one group pretest-posttest design). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dengan uji analisis ini menggunakan uji parametrik yaitu Paired t-test. Hasil uji normalitas 0.000 < 0.05 maka menggunakan uji nonparametric test dengan uji Wilcoxon . Hasil penelitian dan dianalisis menggunakan uji non parametric uji wilcoxon didapatkan hasil Asymp.Sig (2-Tailed) 0.000 dengan taraf signifikan 0.05. adapun kriteria pengujian H0 di ditolak jika Asymp.Sig < 0.05. berdasarkan hal tersebut, penggunaan metode video animasi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita. Hasil penelitian ini adalah video animasi yang bersifat dapat dilihat dan didengar sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita pada siswa SLB AL Hidayah Mejayan Kabupaten Madiun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Tunagrahita, Menggosok Gigi, Metode Video Animasi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 08:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 08:33 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1652 |
Actions (login required)
View Item |