Rahma Putri, Ika (2023) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4 DAN 5 DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SDN ORO-ORO OMBO KOTA MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
Text
201802109.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dengan adanya pembelajaran daring dapat mempengaruhi perkembangan psikososial seorang anak, mengakibatkan anak mengalami kejenuhan, kebosanan dan bisa berujung stress.Sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan dalam perkembangan psikososial anak selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua terhadap perkembangan psikososial anak usia sekolah kelas 4 dan 5 dalam pembelajaran daring di SDN Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan Cross Sectional dan jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 49 Responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner peran orang tua dalam perkembangan psikososial dan kuesioner perkembangan psikososial pada anak usia sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran orang tua (p 0,000) memiliki hubungan dengan perkembangan psikososial anak, sehingga H1 diterima. Dimana semakin baik peran orang tua maka semakin baik pula perkembangan psikososial pada anak. Penguatan peran orang tua selama pembelajaran daring perlu dilakukan agar perkembangan psikososial anak berjalan sesuai dengan mestinya. Diharapkan orang tua terhadap perkembangan psikososial anak selama adanya pembelajaran daring dapat memberikan peran yang baik seperti menyediakan waktu untuk anak, membantu anak tetap disiplin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Perkembangan Psikososial, Pembelajaran Daring |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 08:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 08:33 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1656 |
Actions (login required)
View Item |