HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

Yunitasari, Nur Intan (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img] Text
201802118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi cenderung mengalami stres disebabkan karena beberapa faktor yaitu faktor internal yang timbul dari dalam diri mahasiswa sendiri dan faktor eksternal seperti teman,keluarga, lingkungan, tugas yang banyak, kesulitan suatu hal dan faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi studi adalah mahasiswa semester akhir prodi S1 Keperawatan STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. Jumlah sampel adalah 88 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil uji statistik dukungan teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa dalam menyusun skripsi didapatkan p values = 0,000 < ɑ = 0,05 artinya terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. Dukungan teman sebaya bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi merupakan suatu hal yang penting yang bermanfaat untuk mengurangi rasa stres. Maka diharapkan untuk mahasiswa membangun hubungan komunikasi yang baik sesama teman agar bisa saling mendapatkan dukungan teman sebaya yang bermanfaat selama menempuh pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: dukungan teman sebaya, stres skripsi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:07
Last Modified: 02 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item