HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG CARA STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI DESA BULUHARJO KECAMATAN PLAOSAN

Adelina, Shinta (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG CARA STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI DESA BULUHARJO KECAMATAN PLAOSAN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img] Text
201802083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan anak merupakan perubahan pada anak menuju tahap kematangan pada aspek motorik, bahasa dan psikososial. Maka ibu diharuskan memiliki pengetahuan baik serta berperan memberikan stimulasi perkembangan pada anak, sehingga anak memiliki perkembangan sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Cara Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Pertiwi Desa Buluharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah Analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 41 responden dengan menggunakan tekhnik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan KPSP, analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar pengetahuan ibu tentang cara stimulasi dalam kategori baik sejumlah 29 responden (70,7%) sedangkan untuk perkembangan anak usia prasekolah dalam kategori sesuai sejumlah 21 anak (51,2%). Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang cara stimulasi dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Pertiwi Desa Buluharjo dengan p value 0,000 dengan r = 0,619 yang artinya dalam kategori kuat. Dengan demikian diharapkan agar ibu harus mampu memberikan stimulasi pada aspek motorik, bahasa dan psikososial pada anak usia prasekolah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu, Stimulasi, Perkembangan Anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:08
Last Modified: 02 Dec 2023 03:08
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item