EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN VIDEO DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK DESA BANTENGAN 01 KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN

Ayu Prasasti, Wahyuni (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN VIDEO DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK DESA BANTENGAN 01 KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img] Text
201802043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Toilet traning perlu dilakukan sejak usia prasekolah karena di usia tersebut membutuhkan perhatian khusus disamping dalam pemenuhan nutrisi anak, hal ini dikarenakan usia tersebut perlu adanya stimulus secara dini. Jika anak masih belum bisa melakukan toilet training hal ini akan menimbulkan dampak buruk pada anak dimasa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran video dan demonstrasi terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Desa Bantengan 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest and posttest Two Group Design. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik probalitty dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel penelitian dengan cara acak dengan jumlah 36 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon Sign Rank Test dan Uji Mann Whitney U Test. Hasil uji mann whitney menunjukkan nilai ρ-value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan tingkat keberhasilan pada kelompok demonstrasi dan video. Keberhasilan toilet training pada kelompok demonstrasi memiliki nilai rata-rata sebesar 27,50 dengan jumlah peringkat rata-rata intervensi demonstrasi 495,00 sedangakan kelompok video memiliki nilai rata-rata 9,50 dengan jumlah peringkat rata-rata 171,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan efektivitas antara metode pembelajaran video dan demonstrasi terhadapa keberhasilan toilet training pada anak usia pra sekolah (4-6 tahun) di TK Desa Bantengan 01. Dilihat dari hasil peringkat rata-rata keberhasilan sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran video dan demonstrasi dapat di simpulkan pembelajaran demonstrasi lebih efektif dari pada pembelajran video. Sehingga di harapkan metode demonstrasi dapat digunakan bagi orang tua untuk melatih anaknya dalam melakukan toilet training

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Toilet Training, Metode Pembelajaran Video, Metode Pembelajaran Demonstrasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:08
Last Modified: 02 Dec 2023 03:08
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item