Trihandoko, Nanang and Widianto, Anastasia Eko and Hariadi, Hendri (2023) ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA SISWA SD KELAS IV DAN V. Warta Bhakti Husada (STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun), Madiun.
Text
2 PEER REVIEW Analisis Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Siswa SD Kelas IV dan V.pdf Download (652kB) |
Abstract
Gadget menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak karena dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti game online, video online, bahkan aplikasi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada siswa SD Kelas IV dan V di SDN Joketro 1 Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 40 siswa dan sampel menggunakan Teknik stratified random sampling sebanyak 36 siswa. Variabel yang diukur adalah Penggunaan Gadget sebagai variabel bebas, variabel terikat adalah ketajaman penglihatan, instrumen penelitian menggunakan observasi, uji statistik menggunakan uji Chi Square. Penelitian dengan menggunakan uji Chi Square terhadap hubungan penggunaan gadget menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Maka disimpulkan terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV dan V di SDN Joketro 1 menggunakan gadget namun masih dalam batasan normal, hal ini disebabkan adanya pengawasan dari orang tua. Namun, beberapa siswa mengalami penurunan ketajaman penglihatan karena orang tua tidak mengawasi penggunaan gadget pada anak.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Nanang Trihandoko |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 08:18 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 08:18 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |