PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO DAN DEMONTRASI CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KELAS III DAN IV SDN NGRAHO BOJONEGORO

M. Gilang, Aditiya Saputra (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO DAN DEMONTRASI CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KELAS III DAN IV SDN NGRAHO BOJONEGORO. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img] Text
M GILANG ADITIYA SAPUTRA- SKRIPSI PDF-2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan: Anak-anak usia sekolah adalah kelompok yang sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Menurut laporan dari CHOC (Children’s Health Information) pada tahun 2024, sistem imun pada anak usia sekolah masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, tingkat pemahaman mereka tentang kebersihan masih kurang, ditambah dengan kebiasaan mereka yang sering memegang wajah, membuat mereka lebih mudah terpapar patogen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu pendidikan kesehatan dengan video dan demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah menganilisis kemampuan cuci tangan pada kelompok kontrol dan eksperimen pada anak kelas III dan IV SDN Ngraho Bojonegoro. Metode: Penelitian ini menggunakkan desain quasy eksperimen dengan menggunakan pendekatan non equivalent control group. Teknik Sampling menggunakkan purposive random sampling dengan jumlah sample sebanyak 44 orang anak yang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan penelitian ini menggunakkan uji independent t test dan Mann-Whitney U. Batasan dalam penelitian ini adalah tidak mempertimbangkan faktor eksternal. Hasil: Hasil uji independent t test memperoleh signifikasi 0,042. Untuk uji dua sisi, probabilitas menjadi 0,042/2 = 0,021. Oleh karena 0,021 < 0,025, maka kelompok dinyatakan tidak indentik atau tidak sama.Hasil uji Mann- Whitney U menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,003. Karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok video dan demonstrasi dibandingkan kelompok demonstrasi saja dalam hal selisih nilai. Diskusi: Berdasarkan analisis terdapat perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan melalui video dan demonstrasi dengan demonstrasi saja. Video dan demonstrasi lebih efektif dalam pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Cuci tangan, Pendidikan Kesehatan, Video dan demonstrasi, demonstrasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:34
Last Modified: 23 Jul 2025 01:34
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item