PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK PGRI 1 MAGETAN KELAS XI

Eka, Noviana (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK PGRI 1 MAGETAN KELAS XI. Other thesis, STIKES Bhakti Husada Mulia.

[img]
Preview
Text
33.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK PGRI 1 MAGETAN KELAS XI Eka Noviana NIM. 201302078 88 halaman + 13 tabel + 1 gambar + lampiran Hubungan seks pra nikah adalah permasalahan yang sangat serius karena intensitasnya semakin meningkat seiring dengan meningkatnya toleransi masyarakat terhadap perilaku menyimpang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi di SMK PGRI 1 Magetan Kelas XI. Desain penelitian experimental dengan rancangan e group pretest - post test design. Populasinya seluruh remaja di SMK PGRI 1 Magetan Kelas XI, dengan proportioned random sampling diperoleh sampel 65 responden. Variabel independen pendidikan kesehatan reproduksi metode peer group, sedangkan variable dependen pengetahuan tentag kesehatan reproduksi (Y1) dan sikap terhadap kesehatan reproduksi (Y2). Hasilnya dianalisa menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian sebagian besar responden memiliki pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan kurang sebanyak 23 responden (47,9%), sebagian besar responden memiliki sikap sebelum dilakukan pendidikan kesehatan negatif sebanyak 28 responden (58,3%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan cukup sebanyak 27 responden (56,3%) dan sebagian besar responden memiliki sikap sesudah dilakukan pendidikan kesehatan positif sebanyak 26 responden (54,2%). Hasil analisa data menggunakan uji willcoxon ada pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan (p value =0,000 < α = 0,05) dan sikap p value =0,017 < α = 0,05 remaja tentang kesehatan reproduksi di SMK PGRI 1 Magetan Kelas. Pendekatan kelompok sebaya sangat bermakna kolektif, komunikasi menjadi lebih lancar dan terjadi perubahan sikap di kalangan siswa terhadap kesehatan reproduksi. Selain itu proses tukar piklira juga dapat berjalan lebih lancar karena perasaan malu untuk bertanya tidak terlalu besar Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan Reproduksi, Metode Peer Group, Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 14 Dec 2018 04:15
Last Modified: 14 Dec 2018 04:15
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item