PENGARUH PELATIHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN MANGGE 2 DESA MANGGE KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2017

PUNGKI, YUDY ANDIKA DEW (2017) PENGARUH PELATIHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN MANGGE 2 DESA MANGGE KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2017. Other thesis, STIKES Bhakti Husada Mulia.

[img]
Preview
Text
61.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PELATIHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN MANGGE 2 KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2017 Pungki Yudy Andika Dewi 201302041 Cuci tangan merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanis dari kulit kedua belah tangan dengan memakai sabun dan air. Akibat kurangnya kebiasaan cuci tangan, anak-anak menjadi penderita tertinggi dari penyakit diare dan pernafasan, hingga tidak jarang berujung dengan kematian. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Mangge 2 Kecamatan Barat kabupaten Magetan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa. Besarnya sampel sebanyak 38 siswa dengan masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen sebanyak 19 siswa untuk dijadikan responden penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampel dengan simple random sampling. Rancangan penelitian menggunakan non equivalent control group design.Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan Paired Samples Test. Hasil penelitian pada pelatihan 1 kali didapatkan nilai rata-rata perilaku cuci tangan pakai sabun sebelum pelatihan 1kali sebesar 1,7368 dan setelah pelatihan 1 kali sebesar 2,3158. Sedangkan hasil pelatihan 2 kali didapatkan nilai rata-rata sebelum pelatihan 2 kali sebesar 2,4211 dan setelah pelatihan 2 kali sebesar 2,7895. Hasil uji statistik dengan paired t test pada pelatihan 1 kali didapatkan nilai P value sebesar 0,000 dan pada pelatihan 2 kali didapatkan nilai P value sebesar 0,0001. Dari hasil uji tersebut didapatkan nilai P value < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pelatihan cuci tangan pakai sabun terhadap perilaku mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai kriteria keberhasilan program kesehatan secara keseluruhan (Notoatmodjo, 2005). Materi yang diberikan melalui pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan siswa sehingga berpengaruh terhadap peningkatan perilaku siswa. Saran yang bisa disampaikan sehubungan dengan penelitian ini adalah Sebaiknya pelatihan tentang cuci tangan sabun dilakukan secara rutin ke sekolahsekolah. Kata kunci: Perilaku Mencuci Tangan, Pelatihan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:39
Last Modified: 14 Dec 2018 06:39
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item