PENGARUH PERSEPSI RESPONDEN TENTANG MARKETING MIX TERHADAP ALASAN DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI POLI SYARAF RUMAH SAKIT WIDODO NGAWI TAHUN 2018

Puri, Pratama Aprilianti (2018) PENGARUH PERSEPSI RESPONDEN TENTANG MARKETING MIX TERHADAP ALASAN DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI POLI SYARAF RUMAH SAKIT WIDODO NGAWI TAHUN 2018. STIKES BHM Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PURI PRATAMA A (201403081).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Puri Pratama Aprilianti Pengaruh Persepsi Responden Tentang Marketing Mix Terhadap Alasan Dalam Memilih Layanan Kesehatan Rawat Jalan Di Poli Syaraf Rumah Sakit Widodo Ngawi Tahun 2018 (Studi Kasus di Rumah Sakit Widodo Ngawi) Halaman+ tabel+ gambar+lampiran Unit pelayanan Rawat jalan Poli Syaraf Rumah Sakit Widodo mengalami penurunan kunjungan rawat jalan. Penurunana kunjungan ini terjadi pada pasien baru dan pasien lama. Penurunan kunjungan pada Responden baru poli syaraf pada lima bulan terakhir di tahun 2017 sebanyak >50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi responden tentang marketing mix terhadap alasan pasien dalam memilih layanan kesehatan rawat jalan di poli syaraf rumah sakit Widodo Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 80 responden dengan sampel 44 responden. Tekhnik pengambilan sampel dengan menggunakan NonProbability sampling (Purposive sampling). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner pada setiap variabel. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner marketing mix dan alasan pasien memilih layanan kesehatan, kemudian dianalisis menggunakan uji Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden di rumah sakit Widodo memiliki persepsi responden tentang Marketing Mix Cukup dengan Alasan memilih layanan kesehatan baiik. Hasil uji korelasi Kendall Tau menunjukkan nilai p value 0,001 < α =0,05 yang artinya H0 ditolak dan h1 diterima. dengan keeratan hubungan 0,476 yang artinya keeratan hubungan dikategorikan sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa ada pengaruh persepsi responden tentang marketing mix terhadap alasan pasien dalam memilih layanan kesehatan rawat jalan di poli syaraf rumah sakit Widodo. Saran yang diberikan peneliti adalah Rumah sakit Widodo diharapkan untuk meninjau ulang penetapan harga layanan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat, segmentasi pasar dan kemampuan keuangan rumah sakit gunanya untuk mempertahankan pasar rumah sakit Kata Kunci: Marketing Mix, Alasan Memilih

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 08:24
Last Modified: 27 Jan 2019 08:24
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item