HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK.IV MADIUN TAHUN 2018

Febry, Permata Sari (2018) HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK.IV MADIUN TAHUN 2018. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRI PERMATASARI NIM 201403063.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rata-rata Bed Occupancy Rate di Rumah Sakit Tk.IV Madiun dalam 4 tahun terakhir sebesar 34,37% masih berada dibawah standar Depkes RI (2005) yaitu 70- 85%. Rata-rata kepuasan pasien tahun 2017 sebesar 83,16% yang belum sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh pihak Rumah Sakit TK.IV Madiun yaitu 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tk.IV Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metpode analitik dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 64 pasien dari 175 pasien yang diambil dengan cara teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat, bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian persepsi mutu pelayanan yang menyatakan tidak baik adalah indikator jaminan (59,4%), dan untuk hasil kepuasan pasien yang menyatakan tidak puas adalah indikator hubungan pasien dengan petugas (60,9%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Tk.IV Madiun dengan nilai ρvalue 0,000 <α 0,05. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah sebaiknya pihak manajemen Rumah Sakit Tk.IV Madiun meningkatkan kedisiplinan terhadap petugas kesehatan agar pasien merasa pelayanan yang diberikan baik dan merasa puas. Kata kunci : Persepsi, mutu pelayanan, dan kepuasan pasien Kepustakaan : 25 (2009 – 2017)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 08:25
Last Modified: 27 Jan 2019 08:25
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item