HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT TK. IV MADIUN TAHUN 2017

Nurul, Annisa (2017) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT TK. IV MADIUN TAHUN 2017. STIKES BHM Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL ANNISA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nurul Annisa ABSTRAK Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien. Permasalahan yang terjadi Kepuasan Pasien pada bulan Juni hanya mencapai 75% dengan target 90%, berdasarkan hasil data survei diatas kepuasan pasien belum memenuhi target yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit TK. IV Madiun tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 49 responden dengan sampel 44 responden. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah responden yang menilai mutu pelayanan kurang dan kurang puas sebanyak 82,6% dengan jumlah 19 responden, sedangkan mutu pelayanan baik dan puas sebanyak 100% dengan jumlah 21 responden. Berdasarkan uji korelasi product moment diperoleh nilai sig 0,000, nilai sig lebih kecil dari α = 0,05 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit TK. IV Madiun dengan keeratan korelasi sangat kuat (r=0,832). Saran yang dapat diberikan sebaiknya Rumah Sakit TK. IV Madiun terus meningkatkan mutu pelayanan agar memberikan kepuasan kepada pasien sesuai harapan.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 09:01
Last Modified: 27 Jan 2019 09:01
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item