Achnes, Indah Sulistiyaningrum (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Farmasi Terhadap Keputusan Membeli Ulang Obat di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun Tahun 2017. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. (Unpublished)
|
Text
SKRIPSI ACHNES INDAH SULISTYANINGRUM NIM 201303001_KESMAS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Rumah Sakit Tk.IV Madiun merupakan rumah sakit tipe D yang memberikan pelayanan dan dukungan kesehatan bagi prajurit TNI dan keluarga jajaran Korem 081/Dsj Madiun. Berdasarkan data sekunder dari bagian Rekam Medik dan Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun diketahui bahwa adanya gap antara jumlah kunjungan dan jumlah resep yang masuk di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap keputusan membeli ulang obat di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian 78 responden pasien umum rawat jalan yang membeli obat di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun. Menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisikan data karakteristik, penilaian kualitas pelayanan unit farmasi serta penilaian keputusan membeli ulang obat. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan Chi-Square untuk mencari pengaruh. Hasil penelitian kualitas pelayanan di unit farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun baik sebesar 40,4% kualitas pelayanan tidak baik sebesar 67,7%, pasien yang membeli ulang obat di unit farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun sebesar 59,6% dan pasien yang tidak membeli ulang obat sebesar 32,3%. Analisis Chi-Square kualitas pelayanan farmasi terhadap keputusan membeli ulang obat di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun memperoleh hasil ρ value = 0,018 dengan nilai α =0,05. Kesimpulan penelitian ada pengaruh kualitas pelayanan farmasi terhadap keputusan membeli ulang obat di Unit Farmasi Rumah Sakit Tk.IV Madiun. Saran yang dapat peneliti berikan kepada Rumah Sakit Tk.IV Madiun yaitu meningkatkan kembali kualitas pelayanan dan tidak berhenti dalam melakukan perbaikan kualitas pelayanan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Membeli Ulang Obat.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 27 Jan 2019 09:12 |
Last Modified: | 27 Jan 2019 09:12 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/361 |
Actions (login required)
View Item |