HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN TAHUN 2017

Selviana, Fransiska Janah (2017) HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN TAHUN 2017. STIKES BHM Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELVIANA FRANSISKA JANAH NIM 201303048.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selviana Fransiska Janah ABSTRAK Waktu tunggu di instalsi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun belum memenuhi standar. Pada tahun 2016 rata-rata waktu tunggu pelayanan obat jadi mencapai 52,15 menit, sedangkan untuk obat racikan rata-rata 93,06 menit. Hal ini terjadi karena beberapa farkor yang mempengaruhi pelayanan. Pelayanan obat yang lama akan menurunkan tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata pasien rawat jalan pada tahun 2016 dengan jumlah 8.433 orang dan didapatkan sampel sebanyak 99 responden. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan analisis univariate dan bivariate, serta uji statistik chi square. Hasil penelitian waktu tunggu pelayanan obat dikatakan sesuai standar sebesar 23% dan tidak sesuai standar 76%, sedangkan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan sebesar 36% dan tidak puas 63%. Pada uji statistik chi square diperoleh nilai p value = 0,022 dengan nilai α = 0,05 yang berarti ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun dengan tingkat keeratan 0,22 yang berarti rendah. Saran yang diberikan sebaiknya RSUD Kota Madiun melakukan perbaikan pelaynan dalam hal waktu tunggu pelayanan dengan cara merotasi SDM yang ada di instalasi farmasi, memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan di instalasi farmasi, dan melakukan evaluasi kinerja dengan menerapkan sistem evaluasi langsung dari masyarakat berupa penilaian kepuasan masayarakat terhadap pelayanan farmasi RSUD Kota Madiun, sehingga dengan pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien. Kata kunci: waktu tunggu, kepuasan pasien, RSUD Kota Madiun

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 09:18
Last Modified: 27 Jan 2019 09:18
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item