Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Penerapan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Inap

Ayu, Ferdani (2017) Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Penerapan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Inap. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU FERDANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat efisiensi pemakaian tempat tidur (BOR) Rumah Sakit Paru Dungus tahun 2014 sebesar 37%, tahun 2015 sebesar 38,33% dan tahun 2016 sebesar 47%. hal ini menunjukan bahwa presentase pemakaian tempat tidur/BOR yang masih dibawah standar. Sedangkan untuk standar Nasional pemakaian tempat tidur/BOR (Bed Occupancy Rate) di Rumah Sakit yaitu 60%-85%. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 63 pasien rawat inap Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan metode accidental sampling. Data dianalisis dengan Uji Kolerasi Product Moment Hasil penelitian ini adalah persepsi pasien tentang Relationship Marketing baik dan pasien loyal sebanyak 32 responden (50,8%), sedangkan Relationship Marketing kurang baik dan pasien tidak loyal sebanyak 15 responden (23,8%). Berdasarkan Uji Kolerasi Product Moment di dapatkan nilai sig 0,000, artinya nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,000>0,005) menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara presepsi pasien tentang penerapan Relationship Marketing terhadap loyalitas pasien umum rawat inap di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun dengan keeratan yang kuat (nilai r= 0,636). Kata Kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Pasien, Rawat Inap

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 09:33
Last Modified: 27 Jan 2019 09:33
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item