PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG BAURAN PEMASARAN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOLOPO TAHUN 2017

Fariz, Kahendra (2017) PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG BAURAN PEMASARAN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOLOPO TAHUN 2017. STIKES BHM Madiun. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Skripsi Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap di RSUD Dolopo Tahun 2017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fariz Kahendra ABSTRAK Bauran pemasaran rumah sakit adalah sekolompok variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan rumah sakit untuk mempengaruhi reaksi para pembeli layanan (Supriyanto dan Ernawaty, 2010). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya BOR RSUD Dolopo tahun 2014 sebesar 43,96 %, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pasien tentang bauran pemasaran terhadap pemanfaatan pelayanan rawat inap di RSUD Dolopo Tahun 2017. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 122 pasien rawat inap RSUD Dolopo. Teknik pengambilan sampel secara probality sampling dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah persepsi pasien tentang bauran pemasaran baik dan pemanfaatan pelayanan rawat inap baik sebanyak 53 responden (40,2%), bauran pemasaran baik tetapi pemanfaatan pelayanan rawat inap kurang baik sebanyak 4 responden (3,3%) sedangkan bauran pemasaran kurang baik dan pemanfaatan pelayanan rawat inap baik sebanyak 8 responden (6,6%), bauran pemasaran kurang baik dan pemanfaatan pelayanan rawat inap kurang baik sebanyak 61 responden (50,0%) dengan nilai sig 0,000, artinya nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,000>0,05), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi pasien tentang bauran pemasaran terhadap pemanfaatan pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dolopo dengan nilai r= 0,752 yang berarti tergolong kuat Saran yang peneliti rekomendasikan adalah pihak RSUD harus lebih terbuka lagi dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kondisi lingkungan internal RSUD demi kenyamanan pasiennya. Selain itu menyediakan kotak saran dan melakukan survei kepuasan pelanggan secara rutin. Kata Kunci :bauran pemasaran, keputusan pasien

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Jan 2019 09:44
Last Modified: 27 Jan 2019 09:44
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item