Sekarwidya, Prabanastiti (2018) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP MUTU PELAYANAN ANTARA PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM (RSI) SITI AISYAH MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
|
Text
11.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sekarwidya Prabanastiti PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP MUTU PELAYANAN ANTARA PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM (RSI) SITI AISYAH MADIUN TAHUN 2018 (Studi Kasus di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun) 100 halaman + 26 tabel + 4 gambar + 14 lampiran Prosentase kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir yaitu 78,7% pada tahun 2015, 69,7% pada tahun 2016, dan 65,6% pada tahun 2017. Wawancara awal terhadap 20 responden diketahui 40% pasien BPJS menyatakan puas terhadap mutu pelayanan. Sedangkan pasien Non BPJS 50% menyatakan puas dan 50% lainnya meyatakan puas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan persepsi terhadap mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS di ruang rawat inap Rumah sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata kunjungan pasien rawat inap pada tiga bulan terakhir yakni bulan Maret-Mei 2017 sebanyak 618 pasien. Jumlah sampel 86 pasien terdiri dari 43 pasien BPJS dan 43 pasien Non BPJS. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian diketahui pasien BPJS memiliki persepsi mutu pelayanan baik sebanyak 18 responden (41,8%) dan tidak baik sebanyak 25 responden (58,2%). Sedangkan pasien Non BPJS memiliki persepsi mutu pelayanan baik sebanyak 20 responden (46,5%) dan mutu pelayanan tidak baik sebanyak 23 responden (53,5%). Hasil uji stastistik menggunakan uji Independent T-test diperoleh nilai signifikasi (ρ value) sebesar 0,01< α 0,05 maka H1 diterima artinya ada perbedaan persepsi terhadap mutu pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun. Terdapat perbedaan persepsi terhadap mutu pelayanan pasien BPJS dan Non BPJS di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun. Pasien Non BPJS memiliki persepsi mutu pelayanan yang lebih baik. Diharapkan pihak rumah sakit terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan khususnya dalam pelayanan administrasi agar lebih cepat dan tidak berbelit-belit serta tidak membedakan kualitas pelayanan antara pasien BPJS dan Non BPJS. Kata Kunci: Persepsi Pasien, Mutu Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 02:15 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 02:15 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |