GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN

Afitri, Nurtaruli (2019) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Aspek-aspek yang harus terpenuhi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan antara lain aspek kehandalan aspek empati aspek ketanggapan, aspek jaminan dan aspek berwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di unit Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan menggunakan metode deskriptif. Instrument yang digunakan berupa kuesioner kepuasan pasien. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di Istalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun pada bulan Januari. Sampel pada penelitian ini adalah pasien peserta BPJS Kesehatan yang menjalani rawat jalan dan menebus obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit yang disebut sebagai responden dan berjumlah 100 responden. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan analisa data dengan cara menghitung frekuensi data menggunkan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam SIti Aisyah Madiun terhadap dimensi kehandalan sebesar 74%, dimensi ketanggapan sebesar 71%, dimensi jaminan sebesar 73%, dimensi empati sebesar 77% dan dimensi berwujud sebesar 69%. Pasien peserta BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan RSI. Siti Aisyah Madiun merasa puas terhadap pelayanan petugas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Prodi Farmasi DIII S1
Date Deposited: 07 Dec 2019 02:02
Last Modified: 07 Dec 2019 02:02
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item