Tyas, Purnaningsih (2018) HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
|
Text
14.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tyas Purnaningsih HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MADIUN (Studi Kasus di Ruang Administrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun) Prosentase Hasil Evaluasi Disiplin Kerja Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun menunjukkan bahwa disiplin kerja paling rendah diperoleh dari Tenaga Administrasi untuk indikator datang terlambat sebesar 35,40% dan pergi tanpa keterangan saat jam kerja sebesar 32,90%. Sedangkan Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2018 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan disiplin kerja Rumah Sakit Umum Daerah Madiun menunjukkan kategori cukup dengan nilai unsur sebesar 2,30. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga administrasi meliputi Bidang Penunjang, Bidang Pelayanan, Bidang Tata Usaha, serta Bidang Keuangan yang berjumlah 52 orang. Sampel terdiri dari Seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf administrasi. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata disiplin kerja Tenaga Administrasi sebesar 51,71% atau 86,1%. Sedangkan nilai rata-rata kualitas pelayanan prima sebesar 78,58 atau 87,3%. Hasil uji stastistik menggunakan uji Pearson Product Moment diperoleh nilai r sebesar 4,25 menunjukkan ada hubungan yang sedang dengan arus positif. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 18% menunjukkan bahwa kualitas pelayanan prima dipengaruhi disiplin kerja sebesar 18%. Nilai signifikasi (ρ value) sebesar 0,002 (<α 0,05) maka H1 diterima artinya ada hubungan disiplin kerja dengan kualitas pelayanan prima tenaga administrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. Terdapat hubungan antara disiplin kerja dengan kualitas pelayanan prima. Diharapkan pihak rumah sakit terus berupaya meningkatkan disiplin kerja dan kualitas pelayanan prima Tenaga Admninitrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. Kata Kunci: Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan Prima, Tenaga Administrasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 02:15 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 02:15 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/50 |
Actions (login required)
View Item |