Alfina, Tahta Alfiana (2019) ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT TINGKAT IV KOTA MADIUN TAHUN 2019. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
|
Text
1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rumah Sakit merupakan salah satu instalasi kesehatan terbesar, dimana terdapat jenis pelayanan yang mendukung kesehatan masyarakat. Tidak semua rumah sakit memiliki mutu pelayanan yang tinggi. Mutu pelayanan kesehatan sangat penting untuk mengukur seberapa jauh Rumah Sakit dalam memberikan pelayanannya kepada pasien. Dengan melihat angka capaian BOR Rumah Sakit yang masih di bawah standarnya yaitu 65% dan rata-rata kepuasan pasien yang masih di bawah standar dari Rumah Sakit yaitu 95%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Tingkat IV Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif secara studi kasus dengan informan sebanyak 6 orang. Data diperoleh dari informan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan indikator reliabilitas masih adanya dokter yang tidak tepat waktu, indikator daya tanggap kurang menerapkan salam dan petugas tidak selalu standby, lalu indikator assurance petugas belum sepenuhnya mentaati aturan, indikator empati masih adanya salah persepsi dengan petugas dan indikator bukti fisik kebersihan lingkungan dan kerapian perlu ditingkatkan lagi. Dari lima indikator mutu pelayanan semuanya perlu ditingkatkan lagi dan ditinjau ulang kembali agar kepuasan pasien meningkat dan membuat pasien menjadi loyal terhadap jasa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Tingkat IV Kota Madiun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:14 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:14 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |