ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI RESPONSIVENESS PADA PELAYANAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS KESEHATAN UNIT RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN

Fitri, Yuliati Ningseh (2019) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI RESPONSIVENESS PADA PELAYANAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS KESEHATAN UNIT RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persentase kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun mengalami kenaikan dalam tiga tahun terakhir yaitu 72% pada tahun 2016, 76,8% pada tahun 2017, dan 78,17% pada tahun 2018 namun pencapaian tersebut masih di bawah standart minimal kepuasan pasien menurut Kemenkes yaitu 95%. Selain itu persentase kepuasan rawat jalan pada tahun 2018 yaitu 79,43% dengan target 82,25% sehingga terdapat Gap -2,82%. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata kunjungan pasien BPJS dan pasien Non-BPJS unit rawat jalan RSUD Kota Madiun pada satu tahun terakhir yakni 1.735 pasien. Sampel terdiri dari 90 pasien terdiri dari 45 pasien BPJS dan 45 pasien Non-BPJS. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian diketahui pasien BPJS memiliki persepsi baik terhadap responsiveness pelayanan sebanyak 16 responden (35,6%) dan tidak baik sebanyak 29 responden (64,4%). Sedangkan pasien Non-BPJS memilki persepsi baik terhadap responsiveness pelayanan sebanyak 31 responden (68,9%) dan tidak baik sebanyak 14 responden (31,1%). Hasil uji statistik menggunakan uji Mann Whitney U-Test diperoleh nilai signifikasi (p value) sebesar 0,001 < α 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Artinya, ada perbedaan persepsi responsiveness pada pelayanan pasien BPJS dan Non-BPJS kesehatan unit Rawat Jalan RSUD Kota Madiun. Pasien Non-BPJS di unit rawat jalan memiliki persepsi terhadap responsiveness pelayanan yang lebih baik dari pasien BPJS. Diharapkan pihak rumah sakit berupaya meningkatkan kualitas pelayanan tanpa membedakan antara pasien BPJS dan pasien Non-BPJS. Serta rumah sakit diharapkan dapat lebih meningkatkan komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:15
Last Modified: 20 Jan 2020 03:15
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item