PERBEDAAN TINGKAT LOYALITAS PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO

Kiki, Rismaladewi (2019) PERBEDAAN TINGKAT LOYALITAS PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penting yang berhubungan dengan loyalitas pasien pada tahun 2016 sebanyak 8693, tahun 2017 sebanyak 8173 dantahun 2018 8302 yang perlu diperhatikan oleh rumah sakit khususnya RS Umum Muslimat Ponorogo yaitu tentang kualitas pelayanan yang diukur dengan adanya bukti fisik baik dari pegawai maupun rumah sakit, dalam pelayanan, daya tanggap dari perawat maupun dokter, adanya jaminan yang diberikan kepada pasien sehingga menciptakan suatu kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan loyalitas pasien BPJS dan Non BPJS di Ruang Rawat Inap RS Umum Muslimat Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata kunjungan pasien rawat inap sebanyak 572 pasien. Jumlah sampel 86 pasien terdiri dari 43 pasien BPJS dan 43 pasien Non BPJS. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini adalah loyalitas pasien BPJS memilih jawaban tertinggi dengan kategori baik mencapai 28 orang responden atau sebesar 65,1 %. Untuk pasien non BPJS memilih jawaban tertinggi dengan kategori baik mencapai 25 orang responden atau sebesar 58,1%. Hasil uji statistic menggunakan uji chi square diperoleh nilai signifikasi (ρ-value) sebesar 0,657 > α (=0,05), maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan loyalitas pasien BPJS dan Non BPJS di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Muslimat Ponorogo. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah untuk meningkatkan loyalitas pasien BPJS dan non BPJS perlu dilakukan beberapa perbaikan dan penataan beberapa dimensi yaitu, menarik pasien untuk melakukan pembelian berulang-ulang, membeli antar lini produk dan jasa, referensi kepada orang lain dan kekebalan terhadap tarikan pesaing, sehingga pasien tetap berada dan setia berobat di Rumah Sakit Umum Muslimat Ponorogo. Hal itu dimaksudkan agar pasien BPJS dan non BPJS mempunyai loyalitas yang maksimal dan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:18
Last Modified: 20 Jan 2020 03:18
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item