HUBUNGAN PENERAPAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SAYIDIMAN MAGETAN TAHUN 2017

Agustin, Diyah Irawati (2017) HUBUNGAN PENERAPAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SAYIDIMAN MAGETAN TAHUN 2017. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img]
Preview
Text
1.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agustin Diyah Irawati Hubungan Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr.Sayidiman Magetan Tahun 2017 111 halaman + 14 tabel + 2 gambar + 13 lampiran Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan di Instalasi farmasi, menunjukkan ketidak stabilan angka kunjungan pada triwulan I naik 7,51%, triwulan II menurun sebesar 0,33%, serta triwulan III naik sebesar 88,4%. Menurut data diatas di dapatkan belum terpenuhinya kepuasan pasien yaitu sebesar 9,55% dari standar Kemenkes sebesar ≥80%. Sedangkan angka pencapaian kepuasan pasien yang telah terpenuhi sebesar 70,45%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan pelayanan prima (service excellent) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 98 responden pasien rawat jalan umum dan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan. Teknik pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan metode sampling insidental. Hasil penelitian ini adalah responden yang menilai Pelayanan Prima (Service Excellent) baik (prima) yaitu sebanyak 54 orang atau sebesar (55,1%) dan yang menyatakan Tidak baik (tidak puas) sebanyak 44 orang atau sebesar (44,9%). Dan responden yang menilai Kepuasan Pasien baik (puas) yaitu sebanyak sebanyak 53 orang atau sebesar (54,1%) dan yang menyatakan Tidak baik (tidak puas) sebanyak 45 orang atau sebesar (45,9%). Berdasarkan uji Chi-Square di dapatkan nilai sig 0,004 yang artinya nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,004 <0,05) menunjukkan hubungan penerapan pelayanan prima (service excellent) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan Saran yang peneliti rekomendasikan adalah sebaiknya Rumah Sakit Umum daerah dr.Sayidiman Magetan dapat memberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM petugas farmasi, serta melakukan survei kepuasan pasien, serta meningkatkan pelayanan yang dirasa kurang. Kata kunci : Pelayanan Prima (Service Excellent), Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 07 Dec 2018 02:17
Last Modified: 07 Dec 2018 02:17
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item