Tiara, Kusumaningtyas (2019) PENGARUH MUTU PELAYANAN FARMASI TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
|
Text
1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mutu pelayanan farmasi dikatakan bermutu apabila pelayanan yang diterima sesuai harapan pasien sehingga berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Permasalahan disini yaitu tingkat kepuasan pasien di bagian instalasi farmasi belum memenuhi standar pelayanan minimal karena < 80%.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mutu pelayanan farmasi terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan RSUD Kota Madiun Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 89 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji analisis penelitian menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian mutu pelayanan farmasi yang menyatakan tidak baik adalah indikator Responsivinesss/daya tanggap (62,9%) sedangkan pasien yang menyatakan loyal sebesar 70,8%. Hasil penelitian menggunakan uji chi square didapatkan hasil nilai sig/ρ value = 0,019 < 0,05 yang artinya bahwa ada pengaruh mutu pelayanan farmasi terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan RSUD Kota Madiun Tahun 2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh mutu pelayanan farmasi terhadap loyalitas pasien umum rawat jalan RSUD Kota Madiun Tahun 2019. Saran dari penelitian ini adalah Sebaiknya pihak rumah sakit bagian farmasi perlu meningkatkan pelatihan-pelatihan guna untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja SDM nya sesuai SOP (Standart Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:25 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:25 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/623 |
Actions (login required)
View Item |