Astri, Nur Arinta Putri (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK DHARMA WANITA NGAWI. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
|
Text
1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anaknya yaitu bagaimana sikap antara perilaku orangtua saat berinteraksi dengan anak, termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai / atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku yang baik sehingga dijadikan contoh atau panutan bagi anaknya. Kecerdasan Emosional adalah mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan baik dengan orang lain. Manfaat penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh orangtua terhadap tingkat kecerdasan emosional anak usia prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua terhadap tingkatkecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Teguhan Ngawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis dengan desain cross-sectional. Populasi target sebesar 53 anak yang diasuh oleh orang tua di TK Darama Wanita Teguhan. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Simpel random sempling jumlah sample sebanyak 48 anak yang di asuh oleh orang tua secara langsung yang di tentukan dengan rumus slovin. Pengambilan data menggunakan angket berupa kuesioner yang dianalisis dengan uji chi- square. Hasil Penelitian menunjukkan korelasi antara Pola Asuh Orangtua terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Teguhan Ngawi dengan signifikansi atau p= 0,001 <
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 03:28 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 03:28 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
View Item |