HUBUNGAN CITRA TUBUH DAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI SLTP NEGERI 2 WUNGU MADIUN

Daiman, Hamdani (2020) HUBUNGAN CITRA TUBUH DAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI SLTP NEGERI 2 WUNGU MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Remaja termasuk kelompok yang rentan mengalami permasalahan gizi dkarenakan remaja mengalami percepatan pertumbuhan dan perkembangan tubuh, sehingga membutuhkan energi dan gizi yang lebih banyak. Hal tersebut akan mempengaruhi status gizi remaja. Selain itu, terdapat faktor lain yaitu persepsi citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi remaja di SLTP Negeri 2 Wungu Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain Cross Sectional. Teknik sampling penelitian ini adalah Simple Ramdom Sampling. Analisa data penelitian ini menggunakan uji Regresi Linier Berganda untuk mengetahui hubungan citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi remaja. Hasil analisa dari regresi linier berganda dari penelitian ini didapatkan nilai R2 koefisien determinasi 0,477. Dengan nilai p= 0,000 yang berarti p < a (0,05) sehingga disimpulkan Ha diterima H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi remaja. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara antara citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi remaja di SLTP Negeri 2 wungu Madiun. Saran dari peneliti untuk sekolah SLTP Negeri 2 Wungu adalah agar sekolah lebih meningkatkan pengetahuan tentang persepsi citra tubuh dan pengetahuan gizi seimbang para siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:29
Last Modified: 10 Feb 2020 03:29
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item