PENGARUH LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK DAN PAUD JOGODAYUH KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN

DHEA, AMANDA PUTRI (2020) PENGARUH LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK DAN PAUD JOGODAYUH KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial anak prasekolah di era modern semakin menurun dikarenakan kebiasaan anak yang lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dari pada berinteraksi dengan lingkungan ataupun bermain bersama teman-temannya. Perkembangan sosial meliputi kemampuan mandiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Anak prasekolah merupakan masa kritis dalam pembentukan sumber daya yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh lama penggunaan gadget terhadap pencapaian perkembangan sosial anak prasekolah di TK dan PAUD Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan pendekatan case control retrospektif. Sampel penelitian sejumlah 23 kasus dan 23 kontrol dari 82 populasi, teknik pengambilan sampel ini menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan chi square dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian diketahui anak dengan kebiasaan lama penggunaan gadget rendah 17 anak (73,9 %) mengalami perkembangan sosial normal, anak dengan kebiasaan lama penggunaan gadget kategori tinggi 6 anak (26,1 %) mengalami perkembangan sosial normal, sedangkan anak dengan kebiasaan lama penggunaan gadget rendah 4 anak (17,4 %) mengalami perkembangan sosial normal, anak dengan kebiasaan lama penggunaan gadget tinggi 19 anak (82,6 %) mengalami perkembangan sosial meragukan. Hasil uji antara lama penggunaan gadget terhadap pencapaian perkembangan sosial diketahui p Value = 0,000 yang berarti ada pengaruh lama penggunaan gadget dengan pencapaian perkembangan sosial anak prasekolah di TK dan PAUD jogodayuh. Dengan nilai koefisiensi kontigensi sebesar 0,493 yang diinterprestasikan bahwa kekuatan pengaruh antara variabel pada tingkat sedang. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa anak dengan kebiasaan lama penggunaan gadget kategori tinggi beresiko mengalami perkembangan sosial meragukan. Diharapkan orang tua dapat lebih tegas dan memberikan pendampingan dalam memberikan batasan lama atau durasi dalam penggunaan gadget, agar nantinya tidak memberikan dampak negatif yang dapat menggangu proses tumbuh kembang anak, terutama perkembangan sosialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:31
Last Modified: 10 Feb 2020 03:31
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item