EFEKTIVITAS PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA PECINTA ALAM TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA HIPOTERMIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Dimas, Ari Sabella (2020) EFEKTIVITAS PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA PECINTA ALAM TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA HIPOTERMIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hipotermia adalah ketika tubuh kehilangan suhu panas dengan cepat, sehingga menyebabkan temperatur tubuh menurun drastis di bawah 35ºC. Hipotermia sering terjadi pada saat pendakian, angka kejadian hipotermia pada pendaki gunung di Indonesia dari tahun 2016-2018 terdapat 5 orang pendaki yang harus dirawat di rumah sakit dan terdapat 9 orang meninggal, sehingga dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan untuk menghindari hipotermia pada pendaki, salah satunya menggunakan media video edukasi. Video merupakan salah satu jenis media audio-visual dan dapat menggambarkan suatu objek bergerak bersama-sama dengan suara yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektifitas video edukasi terhadap pengetahuan mahasiswa pecinta alam tentang pertolongan pertama pada hipotermia di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi 37 mahasiswa pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling jumlah sample sebanyak 27 mahasiswa pecinta alam yang di tentukan dengan rumus slovin. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner yang dianalisis dengan uji wilcoxon signed rank test. Intervensi diberikan selama 30 menit dan dilakukan oleh peneliti dengan video edukasi pertolongan pertama hipotermia. Hasil penelitian Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Pecinta Alam sebelum diberikan Video Edukasi adalah sebanyak 27 mahasiswa dengan nilai rata- rata 8.59 pada kategori cukup. Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Pecinta Alam sesudah diberikan Video Edukasi adalah sebanyak 27 mahasiswa dengan nilai rata- rata 10.85 pada kategori baik.Analisis uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p value 0,000 < α = 0,005 menunjukan bahwaH1 diterima sehingga video edukasi efektif meningkatkan tingkat pengetahuan mahasiswa pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Tingkat pengetahuan mahasiswa pecinta alam meningkat setelah diberikan video edukasi. Saran untuk anggota mahasiswa pecinta alam di Universitas Muhammadiyah Ponorogo di harapkan pemberian pendidikan kesehatan dapat dilanjutkan untuk menambah informasi dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa pecinta alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:31
Last Modified: 10 Feb 2020 03:31
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item