HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 8-10 TAHUN DI MI NURUL ISLAM TANJUNG BENDO KABUPATEN MAGETAN

Inaha, Rahma Puspitasari (2020) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 8-10 TAHUN DI MI NURUL ISLAM TANJUNG BENDO KABUPATEN MAGETAN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ini banyak anak yang terpengaruh dengan kemajuan teknologi, salah satu teknologi yang di gemari anak-anak adalah gadget. Gadget mempunyai daya tarik untuk anak-anak dimana gadget dapat digunakan untuk mengisi berbagai macam aplikasi. Namun penggunaan gadget secara berlebih pada anak-anak dapat menjadikan anak tidak peduli terhadap lingkungan, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan dalam empati, mengekspresikan emosi dengan tepat, mengelola emosi, dan semua itu merupakan aspek dari kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional anak usia 8-10 tahun di MI Nurul Islam Tanjung Bendo Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 49 siswa MI Nurul Islam Tanjung, besar sampel yang digunakan sejumlah 42 responden. Tehnik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Somers’D dengan α 0,05. Hasil penelitian ini diketahui bahwa durasi penggunaan gadget sedang dengan kecerdasan emosional anak cukup (38,1%), namun terdapat kecerdasan emosional anak baik (7,1%). Hasil analisa Somers’D diperoleh ρ value = 0,000 <α = 0,05 artinya ada hubungan durasi penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional anak usia 8-10 tahun di MI Nurul Islam Tanjung Bendo Kabupaten Magetan dengan keeratan hubungan -0,680 yang artinya keeratan hubungan dikategorikan kuat. Dari hasil penelitian maka orang tua harus lebih selektif dalam memberikan aturan anak bermain gadget, yaitu dengan sering melakukan pengawasan terhadap konten yang dilihat oleh anak apakah sesuai dengan usianya dan memberikan aturan terhadap batasan waktu anak untuk bermain gadget agar anak tidak lupa waktu dalam arti anak tidak memperdulikan waktu tidur atau mandi, tugas sekolah, dan mengabaikan orang-orang disekitar anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Prodi Keperawatan S1
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:33
Last Modified: 10 Feb 2020 03:33
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item