Fika, Triwinaryanti (2017) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG DIMENSI KUALITAS FUNGSIONAL DENGAN CITRA RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
|
Text
12.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TENTANG DIMENSI KUALITAS FUNGSIONAL DENGAN CITRA RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN TAHUN 2017 Fika Triwinaryanti 107 Halaman + 22 Tabel + 3 Gambar + Lampiran Berdasarkan survei pendahuluan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada pasien rawat inap pada tahun 2017, 60% pasien menyatakan dimensi kualitas fungsional di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun belum memenuhi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungsn dimensi kualitas fungsional terhadap citra Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun pada bulan Juni Sampai Juli 2017, jumlah sampel yaitu 80 responden yang diambil secara purposive sampling. Cara mengetahui hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen serta untuk mengetahui hasil analisis digunakan uji Kendal Tau. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk dimensi kualitas fungsional dihasilkan baik (42,5%), kurang baik (16,3%) dan tidak baik (41,3%) sedangkan untuk citra rumah sakit mengatakan baik (36,3%), kurang baik (17,5%) dan tidak baik (46,3%). Maka Ada hubungan antara dimensi kualitas fungsional dengan citra rumah sakit di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2017 dengan nilai p = 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Paru Dungus Madiun masih mengalami permasalahan mengenai dimensi kualitas fungsional (reability, attitudes, service recovery). Disarankan kepada Rumah Sakit Paru Dungus Madiun agar meningkatkan mutu pelayanan yang telah ada di rumah sakit dan termasuk yang ada pada indikator dimensi kualitas fungsional (reability, attitudes, service recovery) agar dapat meningkatkan citra rumah sakit dan dapat memberikan kepuasan kepada pasien yang sesuai dengan harapan pasien. Kata Kunci : kualitas pelayanan, citra, dimensi kualitas fungsional
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:46 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |