Zharfani, Afina (2020) Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Tk Siwi Peni 2 Madiun. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.
|
Text
1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keterlambatan motorik halus berdampak negatif jangka panjang, anak tidak dapat bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan bangku sekolah bahkan nanti dimasa dewasa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Siwi Peni 2 Madiun. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental (One Group Pre-Post Test). Populasi pada penelitian ini yaitu anak prasekolah usia 4-6 tahun sebanyak 26 anak. Sampel yang diambil sejumlah 18 anak. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling. Pengumpulan data menggunakan pengukuran DDST II pada aspek motorik halus. Uji statistik yang digunakan uji Willcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberi terapi sama antara suspect 50% dan normal 50%, setelah diberi terapi sebagian besar 89% anak dengan perkembangan motorik halus normal. Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan nilai (p= 0,034 <0,05) yang artinya ada pengaruh signifikan sebelum dan sesudah pemberian finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di TK Siwi Peni 2 Madiun. Pemberian finger painting efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 4-6 tahun, tetapi tidak semua responden perkembangan motorik halusnya berubah dalam kategori normal, dikarenakan karateristik anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Finger Painting, Motorik Halus, Prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Prodi Keperawatan S1 |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:20 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/737 |
Actions (login required)
View Item |