Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun

Agustina, Marisa Dwi (2020) Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun merupakan salah satu oganisasi kesehatan milik pemerintah Kota madiun yang telah terakreditasi kelas tipe C. RSPM Madiun belum mencapai kepuasan pelanggan secara maksimal dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan guna mencapai target yang diharapkan. Sementara itu, dalam menjalankan pelayanan kesehatan, jumlah tempat tidur 41 buah, jumlah tenaga kesehatan sebanyak 128 orang dan pasien rawat jalan pada tahun 2019 sebanyak 11.367 orang dengan adanya penurunan dan peningkatan jumlah kunjungan setiap bulannya, maka indikasinya adanya kesenjangan antara pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RS Paru Manguharjo Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berada di RS Paru Manguharjo Madiun Jumlah sampel adalah 45 sampel. Tekhnik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive samping. Berdasarkan hasil analisis bivariat menggunakan uji spearmen, terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun dengan nilai p value 0,029 dan nilai korelasi yaitu r = 0,220 yang menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien memiliki keeratan yang lemah. Sebagian besar pasien merasakan kualitas pelayanan kesehatan yang tidak baik sebanyak 43 orang (43,4%), sebagian besar pasien yang merasa tidak puas sebanyak 46 orang (46,5%) dan ada hubungan yang antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo. Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun diharapkan lebih meningkatkan mutu pelayanan terutama pada pelayanan farmasi dan ketepatan waktu dokter dalam pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit, Pelayanan Rumah Sakit, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:29
Last Modified: 05 Nov 2021 02:29
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item