PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN TAHUN 2017

RIREJA, JANARI MIFA WANGI (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN TAHUN 2017. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img]
Preview
Text
26.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rireja Janari Mifa Wangi PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN 99 halaman + 16 tabel + 3 gambar + lampiran Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, bertujuan untuk meuwujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Untuk itu perlu adanya pengkuran kepuasan pasien. Dari study pendahuluan yang dilakukan, diperoleh adanya ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni pasien rawat jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun 1078 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 91 orang. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner, ditampilkan dalam table dan dianalisis menggunakan ujiChi-Square. Hasil penelitian terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan nilai sig 0,000< 0,05dengan koefisien korelasi 0,373. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan memiliki keeratan hubungan yang cukup. Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan, karena kualitas pelayanan di bagian pendaftaran mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pasien dengan cara penambahan sumber daya manusia, memperhatikan waktu tunggu dan upaya pemasaran jasa rumah sakit keberbagai wilayah. Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Tempat Pendaftaran Pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 07 Dec 2018 03:47
Last Modified: 07 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item