PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN PADA INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN TAHUN 2017

TIKA, MAYA SAPUTRI (2017) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN PADA INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN TAHUN 2017. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.

[img]
Preview
Text
34.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tika Maya Saputri PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN (Studi kasus di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun) 102 halaman + 31 tabel + 3 gambar + 13 lampiran Angka kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Paru Dungus Madiun pada Tahun 2016 belum memenuhi target yang ditetapkan rumah sakit yaitu sebesar 12.596 kunjungan dari 13.202 target kunjungan. Dalam industri pelayanan kesehatan yang kompetitif, brand image merupakan salah satu strategi untuk bersaing dengan pelayanan kesehatan lain yang sejenis melalui penciptaan kesan atau citra yang baik terhadap rumah sakit. Citra yang baik mampu meningkatkan minat pasien melakukan kunjungan ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand image yang dimiliki Rumah Sakit Paru Dungus Madiun, minat kunjungan ulang, dan pengaruh brand image terhadap minat kunjungan ulang layanan kesehatan pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Jenis penelitian adalah korelasional analitik dengan rancangan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah pasien umum rawat jalan berjumlah 87 orang didapatkan dengan metode Purposive Sampling. Data diolah menggunakan uji statistik Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan brand image Rumah Sakit Paru Dungus Madiun dalam kategori baik sebesar 77% dan 79,3% pasien berminat melakukan kunjungan ulang. Ada pengaruh brand image terhadap minat kunjungan ulang layanan kesehatan pada instalasi rawat jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun dengan nilai P value 0,013 dan rs 0,262. Artinya besar pengaruh brand image terhadap minat kunjungan ulang sebesar 6,86% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini merekomendasikan rumah sakit untuk terus melakukan upaya pemasaran melalui promosi dan pendekatan kepada masyarakat serta meningkatkan citra positif rumah sakit dengan peningkatan layanan serta penambahan poliklinik dan peralatan yang canggih. Kata Kunci : brand image, minat kunjungan ulang, RSP Dungus Madiun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Prodi Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 07 Dec 2018 03:42
Last Modified: 07 Dec 2018 03:42
URI: http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item