WULANDARI, WULANDARI (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
|
Text
36.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN 93 halaman + 9 tabel + 3 gambar + lampiran Ada dua faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu expected service dan perceived service. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan baik dan memuaskan. Sebaliknya bila pelayanan yang diterima lebih rendah daripada harapan pelanggan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan buruk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2017. Penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Besar sampel yaitu 92 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling menggunakan metode accidental sampling.Uji statistic menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan baik (41.3%) dan tidak baik (58.7%). Kepuasan pasien puas (42.4%) dan tidak puas (57.6%). Hasil analisa bivariat ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai sig (p) 0,048 yang berarti < (α) 0,05 maka Ho di tolak dan H1 diterima. Dengan keeratan hubungan sebesar 0,222 yang berarti lemah. Disarankan bagi instalasi farmasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimal agar tercapai nilai kepuasan pasien yang maksimal. Jika kualitas pelayanan ditingkatkan maka kepuasan pasien juga akan ikut meningkat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:20 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:20 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
View Item |