SELVIANA, FRANSISKA JANAH (2017) HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUNTAHUN 2017. Other thesis, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA.
|
Text
28.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Selviana Fransiska Janah HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD KOTA MADIUN TAHUN 2017 (Studi kasus di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun) 103 halaman + 19 tabel + 2 gambar + lampiran Waktu tunggu di instalsi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun belum memenuhi standar. Pada tahun 2016 rata-rata waktu tunggu pelayanan obat jadi mencapai 52,15 menit, sedangkan untuk obat racikan rata-rata 93,06 menit. Hal ini terjadi karena beberapa farkor yang mempengaruhi pelayanan. Pelayanan obat yang lama akan menurunkan tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rata-rata pasien rawat jalan pada tahun 2016 dengan jumlah 8.433 orang dan didapatkan sampel sebanyak 99 responden. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan analisis univariate dan bivariate, serta uji statistik chi square. Hasil penelitian waktu tunggu pelayanan obat dikatakan sesuai standar sebesar 23% dan tidak sesuai standar 76%, sedangkan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan sebesar 36% dan tidak puas 63%. Pada uji statistik chi square diperoleh nilai p value = 0,022 dengan nilai α = 0,05 yang berarti ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan obat dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Kota Madiun dengan tingkat keeratan 0,22 yang berarti rendah. Saran yang diberikan sebaiknya RSUD Kota Madiun melakukan perbaikan pelaynan dalam hal waktu tunggu pelayanan dengan cara merotasi SDM yang ada di instalasi farmasi, memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan di instalasi farmasi,dan melakukan evaluasi kinerja dengan menerapkan sistem evaluasi langsung dari masyarakat berupa penilaian kepuasan masayarakat terhadap pelayanan farmasi RSUD Kota Madiun, sehingga dengan pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien. Kata kunci: waktu tunggu, kepuasan pasien, RSUD Kota Madiun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:42 |
URI: | http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/88 |
Actions (login required)
View Item |